PKK Desa TamaonaSabet Juara 1 Lomba Toga Tingkat Sulsel

TAMAONA – PKK Desa Tamaona Kecamatan Kindang Bulukumba sabet juara satu lomba tanaman obat keluarga (Toga) Tingkat Provinsi Sulsel.

Tim Ketahanan Pangan provinsi menilai PKK Desa Tamaona mampu merubah pekarangan warga menjadi lahan produktif tanaman obat tradisional.

Ketua PKK Hartatia Cia mengatakan, keberhasilan meraih juara satu tak lepas dari kerja sama tim PKK dan warga.

“Setelah dapat juara tingkat provinsi, Hartatia kami mempersiapkan diri untuk ikut lomba tingkat nasional,” ungkapnya Sabtu (10/8/2019).

Selain itu, kata hartati, faktor penilaian tambahan sehingga sabet juara satu, yakni tanaman jahe di jadikan produk  perman jahe,  ekstra jahe dan jahe kopi serta dari tanaman buah  Pepaya di jadikan gula gula dan kerupuk.

“Walau PKK tidak dapat ruang dari pemerintah desa, hal tersebut tidak menghalangi saya dan perempuan lain menyalurkan bakat,” ungkapnya.

“Begitu ada kesempatan, kami ikutkan hasil kreativitas, walaupun kades tidak mendukung, kami tetap berjuang untuk memajukan kaum perempuan di desa kami,” terangnya.

Hartati menambahkan, pada waktu yang sama, PKK Desa Tamaona menyabet 3 gelar juara sekaligus, di antaranya Juara satu Lomba PKK Tingkat Provinsi, juara 2 lomba cipta menu berbasis B2SA dan juara ketiga lomba pangan lokal kindang.

“Saya berharap, untuk kemajuan Desa Tamaona, Pemerintah desa kiranya, memberi  bantuan dan  ruang kaum perempuan untuk berkreatif sesuai bakat. Apalagi kami butuh bibit seperti jahe untuk produk kopi jahe dan kemasan,” harapnya.

Sumber: Inikata.com