Sembilan Anggota BPD Tamaona Resmi Dilantik

TAMAONA – Camat Kindang Awaluddin resmi melantik dan mengambil sumpah 9 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tamaona, Kecamatan Kindang Bulukumba masa jabatan 2019-2025 di Aula Kantor Desa Tamaona Jumat (6/9/2019).

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini sendiri sempat tertunda. Sehingga Desa Tamaona tidak tergabung pada pelantikan serentak Agustus lalu di Lapangan pemuda.

Penundaan itu dikarenakan, tidak adanya perwakilan perempuan sehingga dianggap cacat hukum.

Awaluddin, dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada anggota BPD terpilih yang telah dilantik. Soal tertundanya pelantikan dan pengambilan sumpah, kata dia, itu bukan masalah besar.
Namun menurutnya, hal itu bagian dari proses pelaksanaan demokrasi sekaligus pembelajaran dalam rangka membangun dan memajukan Desa Tamaona.

“Harapan kami sebagai pemerintah kecamatan, semoga Anggota BPD bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik serta bisa bersinergi dengan kepala desa untuk membangun dan memajukan Desa Tamaona kedepan,” katanya.

Olehnya itu perlu dipahami, BPD dan kepala desa sama kedudukannya. Dimana keduanya berperan sebagai penyelenggara dan mengelola lembaga pemerintah desa.

Meski begitu, dari segi tugas dan fungsi, pastinya memiliki berbeda. Kepala desa berfungsi sebagai pemimpin masyarakat perpanjangan negara yang dekat dengan rakyat. Sedangkan BPD menyiapkan kebijakan pemerintah Desa bersama dengan kepala desa.

Lebih jelasnya, lanjut Awaluddin, tugas BPD yakni menyiapkan dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa. Menampung aspirasi Masyarakat dan mengawas kinerja kepala Desa.

“Sehingga dua unsur ini, merupakan hal terpenting dan sentral dalam pemerintahan desa untuk saling bekerjasama menyusun program strategis demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat,” tutupnya.

Sumber: Inikata.com